18 Jumadilakhir 1429
22 Juni 2008
MANDI WAJIB
Hal-Hal Yang Mewajibkan Mandi, ialah:
(1).
BERTEMUNYA DUA KEMALUAN WALAUPUN TIDAK MENGELUARKAN MANI.
(14)...... وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا....(المائدة: 6)
(14). “dan jika kamu junub maka mandilah”. (QS. Al-Mâidah [5]: 6)
(15). عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ قَالَ:إِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا اْلأَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ الْغَسْلُ(وَإِنْ لَمْ يُنْزِلْ) (الؤلؤ والمرجان 1\73: 99)
(15). Dari Abu Hurairah dari Nabi , beliau bersabda:“Apabila seorang (suami) mengumpuli isterinya, maka wajib baginya mandi” (walaupun tidak mengeluarkan mani) (Al-Lu’lu wal Marjan I/73: 199)
(2).
BERMIMPI HINGGA MENGELUARKAN MANI atau
KARENA BERCUMBU
(16).يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لاَ تَقْرَبُوا الصَّلاَةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلاَ جُنُبًا إِلاَّ عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّى تَغْـتَسِلُوا..(النساء: 43)
(16). “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub,
terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi”. (QS. An-Nisā’ [4]:43)
(17)...... وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا....(المائدة: 6)
(17). “dan jika kamu junub maka mandilah”. (QS. Al-Māidah [5]:6)
(18). عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ عَنِ الرَّجُلِ يَجِدُ الْبَلَلَ وَلاَ يَذْكُرُ احْتِلاَ مًا, قَالَ:يَغْتَسِلُ وَعَنِ الرَّجُلِ يَرَى أَنَّهُ قَدِ احْتَلَمَ وَلاَ يَجِدُ الْبَلَلَ. قَالَ:لاَ غُسْلَ عَلَيْهِ فَقَالَتْ أُمُّ سُلَيْمٍ الْمَرْأَةُ تَرَىذَلِكَ أَعَلَيْهَا غُسْلٌ؟ قَالَ:نَعَمْ إِنَّمَا النِّسَاءُ شَقَائِقُ الرِّجَالِ(ابوداود: 204, الدارمى: 758)
(18). Ummul mukminin ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha berkata: Rasulullah ditanya tentang seorang lelaki yang mendapati (pakaiannya) basah (karena mengeluarkan mani), tetapi ia tidak ingat mimpikah ia dalam tidurnya. Beliau menjawab: “Orang itu wajib mandi”. dan tentang laki-laki yang bermimpi tetapi tidak mendapati pakaiannya basah (tidak mengeluarkan mani). Beliau menjawab: “Orang itu tidak wajib mandi”. Ummu Sulaim Radhiyallahu ‘Anha bertanya: Wanita yang mengalami seperti itu apakah wajib mandi?. Beliau menjawab: “Ya. sesungguhnya wanita itu tidak lain saudara lelaki juga” (Abŭ Dāud 204; Ad-Darimi: 758)
(19). عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّهَا قَالَتْ جَاءَتْ أُمُّ سُلَيْمٍ امْرَأَةُ أَبِي طَلْحَةَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ , فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَحْيِي مِنَ الْحَقِّ هَلْ عَلَى الْمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ إِذَا هِيَ احْتَلَمَتْ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ:نَعَمْ إِذَا رَأَتِ الْمَاءَ} (الؤلؤ والمرجان 1\68: 180, عون المعبود شرح ابوداود 1\401)
(19). Ummu Salamah Radhiyallahu ‘Anha berkata: Ummu Sulaim menghadap Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, lalu bertanya: Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu menerangkan kebenaran, apakah wanita itu wajib mandi jika ia bermimpi mengeluarkan mani? Beliau menjawab: “Ya, apabila ia melihat air (mani)” (Al-Lu’lu wal-Marjan I/68: 180 ; ‘Aunul-Ma’bud Syarh Abŭ Dāud I/ 401)
(3).
WANITA YANG BARU LEPAS DARI HAID
atau
NIFAS (MELAHIRKAN)
(20).وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ(البقرة: 222)
(20). Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah:"Haid itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci.
Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintakan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS. Al-Baqarah [2]: 222)
Yang dimaksud nifas ialah darah yang keluar sehabis melahirkan, lamanya nifas maksimal 40 hari/malam, minimal sehari/semalam.
Jika darah nifas berhenti sebelum 40 hari, maka yanbersangkutan wajib mandi dan mengerjakan shalat & berpuasa Ramadhan.
(21). عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَتِ النُّفَسَاءُ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ تَقْعُدُ بَعْدَنِفَاسِهَا أَرْبَعِينَ يَوْمًا أَوْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً لاَ يَأْمُرُهَاالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقَضَاءِ صَلاَةِ النِّفَاسِ. (عون المعبو شرح ابوداود 1\501)
(21). Ummu Salamah Radhiyallahu ‘Anha berkata: Wanita-wanita nifas di jaman Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam duduk (masa menunggu suci) sesudah melahirkan 40 hari atau 40 malam. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak menyuruh wanita yang nifas meng-qadha shalat (yang ditinggalkan selama nifas). (‘Aunul Ma’bud Syarh Abŭ Dāud I/ 501)
(22). عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ وَقَّتَ لِلنُّفَسَاءِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا إِلاَّ أَنْ تَرَى الطُّهْرَ قَبْلَ ذَلِكَ (رواه ابن ماجه1\224, ضعيف)
(22). Anas bin Malik berkata: Rasulullah menentukan waktu bagi wanita-wanita nifas 40 hari, kecuali jika suci (darah nifas berhenti) sebelum waktu itu” (Ibnu Majah I/224, Dla’if - Dla’if Ibnu Majah hlm. 49 )
Mandi Wajib
Hamzah Utomo, Selasa, 13 Januari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
ini percobaan buat komentar. Mudah-mudahan keluar